Nyamuk adalah serangga yang dianggap sebagai pengganggu oleh manusia. Selain itu, nyamuk bahkan bisa membawa penyakit berbahaya, seperti malaria dan deman berdarah. Beberapa tanaman seperti lavender, rosemary, dan krisan dikenal memiliki efek mengusir nyamuk sehingga membuat rumah Anda lebih nyaman.

Setiap tanaman memiliki keistimewaan masing-masing. Nah, mana yang cocok dengan rumah Anda? Sebagai solusi, kami akan memberikan tips untuk memilih tanaman pengusir nyamuk yang sesuai untuk rumah Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tanaman pengusir nyamuk terbaik yang dapat menjadi pilihan Anda.

Sumber foto Pexels aromatik mint

Cara memilih tanaman pengusir nyamuk

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak membeli tanaman pengusir nyamuk, mulai dari efek tanaman hingga ukuran tanaman tersebut. Berikut pembahasan selengkapnya.

Pilih berdasarkan efek tanaman

Tanaman herbal mampu menghasilkan aroma yang berfungsi menjauhkan serangga dari rumah Anda. Aroma ini terkadang memiliki efek spesifik untuk serangga tertentu saja. Berikut akan kita bahas beberapa tanaman yang niscaya ampuh menghalau nyamuk dari rumah Anda.

Mosquito plant dan southernwood, efektif untuk mengusir nyamuk

Mosquito plant dan southernwood, efektif untuk mengusir nyamuk

Salah satu tanaman yang terkenal mampu mengusir nyamuk adalah mosquito plant. Menurut laporan penelitian oleh Van Leeni, seorang ahli genetika, mosquito plant mampu menurunkan kemampuan nyamuk dalam mendeteksi CO² (karbondioksida) dan menghindarkan kita dari gigitan nyamuk. Mosquito plant yang diteliti oleh Van Leeni adalah citronella dan geranium. 

Kedua tumbuhan ini cukup terkenal, terutama tumbuhan yang termasuk dalam genus geranium, seperti rose geranium dan lemon rose geranium. Selanjutnya adalah southernwood yang dikenal di Australia sebagai tumbuhan penangkal nyamuk. Untuk mendapatkan efeknya, Anda harus mengusap daunnya di kulit, bukan hanya sekadar meletakkannya di sekitar rumah Anda.

Pennyroyal mint dan tansy, efektif menghalau kutu serta tungau

Pennyroyal mint dan tansy, efektif menghalau kutu serta tungau

Sesuai namanya, pennyroyal mint memiliki ciri khas berupa aroma mint yang lembut. Berbeda dari kebanyakan tanaman herbal lainnya, tanaman ini tumbuh merambat di atas tanah.

Tanaman ini termasuk tangguh karena tak akan mati meskipun terinjak. Karena efeknya yang dapat menghalau kutu dan tungau, tanaman ini cocok juga untuk menghias area taman atau kebun Anda.

Sementara itu, tansy merupakan endemik zona kering Eropa yang sejak dahulu dikenal ampuh mengusir serangga. Anda cukup menggantung bagian tanaman yang sudah dikeringkan di tempat yang Anda inginkan. Menggantungnya di dalam kandang hewan peliharaan Anda pun bisa menjadi cara jitu untuk mencegah anjing Anda terserang kutu.

Perlu Anda perhatikan bahwa tansy memiliki efek insektisida yang kuat sehingga berbahaya bila termakan. Jadi, pastikan hewan peliharaan Anda tak memakannya. Lalu, tansy dikenal juga sebagai tanaman yang dibenci oleh kucing. Jadi, jauhkan dari kucing kesayangan Anda, ya!

Baca juga : Mengenal Tanaman Pilea, Tanaman Hias Percantik Dekorasi Ruangan

Neem leaves, efektif untuk menghalau lebih dari 200 jenis hama serangga

Neem leaves, efektif untuk menghalau lebih dari 200 jenis hama serangga

Baca juga : Pencil Tree Tanaman Unik Penyembuh Luka dan Sakit Gigi

Neem adalah tumbuhan yang tumbuh secara alami di India dan memiliki kemampuan untuk mengusir berbagai jenis hama serangga, termasuk nyamuk. Anda cukup menanamnya untuk mendapatkan manfaatnya.

Untuk efek yang lebih optimal, Anda dapat mengekstrak daunnya dengan cara direbus. Ekstrak tersebut dapat digunakan sebagai semprotan nyamuk. Meskipun dikenal sebagai insektisida alami, tanaman ini hanya mengusir nyamuk dan bukan membunuhnya. 

Neem juga dapat digunakan sebagai bahan masakan. Karena itu, tumbuhan ini dijamin aman untuk manusia.

Pilih ukuran tanaman yang sesuai dengan pot

Pilih ukuran tanaman yang sesuai dengan pot

Baca juga : Monstera Tanaman Eksotik Berdaun Unik, Cocok untuk Dekorasi

Ketika membeli tanaman, terutama yang masih berupa bibit, biasanya terdapat informasi mengenai ukuran maksimal tumbuhan dewasa. Hal ini berguna agar Anda dapat memilih ukuran pot yang tepat bagi tanaman Anda.

Untuk tanaman dengan akar yang menancap dalam, seperti bunga kamboja, Anda akan membutuhkan pot yang tinggi dan berdiameter besar. Sedangkan, untuk tanaman dengan akar yang pendek dan menancap dangkal, seperti kebanyakan tanaman herbal, Anda bisa menggunakan pot yang pendek dan berdiameter besar agar bisa menanam banyak bibit sekaligus.

Namun, Anda tentu tetap harus memastikannya dengan mencari informasi dari internet atau bertanya langsung pada penjualnya agar lebih pasti.

Pilih lokasi toko terdekat bila Anda membeli tanaman melalui online shop

Pilih lokasi toko terdekat bila Anda membeli tanaman melalui online shop

Baca juga : Sehat dan Segar, Inilah 15 Jenis Tanaman Hias Gantung

Di online shop biasanya dicantumkan keterangan detail tanaman dan cara merawatnya sehingga memudahkan Anda ketika menanamnya. Bila Anda masih pemula, sangat disarankan untuk membelinya melalui online shop, kemudian mengikuti panduan yang sudah tersedia.

Namun, jika jarak pengiriman terlalu jauh tentu akan merepotkan, bukan? Sebagai contoh, toko tanaman berada di Surabaya dan Anda ada di Jakarta. Total waktu pengiriman adalah sekitar 5 hari.

Ketika benih tanaman dikirim dari toko, tentu masih dalam kondisi baik, tetapi mungkin benih sudah sedikit rusak setelah tiba di Jakarta. Benih yang sudah tak sehat tak akan tumbuh menjadi tanaman dewasa yang sehat.Untuk itu, kami merekomendasikan Anda untuk memilih toko yang jaraknya sedekat mungkin dengan rumah Anda.

Baca juga : Tahukah Anda Tanaman Hias Ini Efektif Mengusir Nyamuk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here