Seperti ruangan lainnya di dalam sebuah hunian, kamar mandi juga membutuhkan memiliki perlakuan khusus. Hal ini diperlukan agar, kesatuan tema dan konsep dari sebuah rumah dapat terjaga dan saling bersinergi. 


Selain untuk estetika, melakukan perawatan khusus pada kamar mandi juga penting dilakukan agar tetap menjaga kebersihan dan kesehatan dalam ruangan tersebut. Salah satu cara paling mudah adalah dengan menghadirkan tanaman hias yang diletakkan di dalam kamar mandi.

Manfaat tanaman hias pada kamar mandi

1. Menghilangkan bau tak sedap

Pada pagi hingga sore hari, tanaman mengeluarkan oksigen sebagai bentuk fotosintesis. Dengan adanya kadar oksigen tambahan pada ruang, tentu akan cepat membantu menghilangkan bau tak sedap yang menempel pada kamar mandi.

2. Menjaga kelembapan kamar mandi

Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi
Bekahbee

Oksigen yang tersebar berkat kehadiran tanaman hias juga berfungsi sebagai pengatur kelembapan ruang. Zat tersebut mampu memengaruhi suhu udara agar tetap kering dan segar untuk dihirup.

3. Memperbaiki mood

Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi
House On Longwood Lane

Menyaring udara merupakan salah satu kelebihan yang ada pada tanaman hias di dalam kamar mandi. Berkat hal tersebut, udara yang dihisap ke dalam tubuh akan membantu memperbaiki mood serta meningkatkan kreativitas penguni rumah.

Jenis tanaman hias untuk kamar mandi

banyaknya varian tanaman hias dengan motif dan struktur yang indah, seakan membuatnya cocok untuk ditempatkan di mana saja. Namun ternyata, untuk menghadirkan dekorasi tanaman pada kamar mandi, Anda perlu membutuhkan jenis tertentu sehingga tidak hanya enak dipandang, tapi dapat memberi manfaat juga.

1. Peace Lily

Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi
Etsy

Peace Lily merupakan tanaman hias yang sangat menyukai kondisi tanah yang lembap. Oleh karena itu, tanaman hias ini cocok sekali untuk diletakkan di dalam kamar mandi Anda. Memiliki bau yang harum, kehadirannya juga bisa menjadi pengharum ruangan alami.

BACA JUGA: TIPS AHLI: CARA MERAWAT TANAMAN HIAS AGAR SELALU SEGAR

2. Lidah Buaya

Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi
21ninety

Dijuluki sebagai tanaman abadi, Lidah Buaya bisa jadi alternatif untuk tanaman hias di kamar mandi Anda. Anda tidak perlu melakukan perawatan secara ruitn, cukup letakkan saja di sudut kamar mandi dan pastikan untuk cek kelembapan tanah 2-3 hari sekali.

3. Spider Plant

Tanaman yang berasal dari benua Afrika ini ternyata sangat cocok melengkapi rumah di kawasan perkotaan. Bernama Spider Plant, tanaman ini dapat menyerap zat beracun, seperti karbon monoksida dan formaldehyde. 

4. Pakis

Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi
Gardenista

BACA JUGA: MANFAAT TANAMAN KAKTUS HIAS DAN CARA MERAWATNYA

Jika lahan di kamar mandi Anda terbatas namun ingin menghadirkan hijaunya tanaman hias, kehadiran pakis tentu menjadi pilihan yang cocok. Tanaman ini memiliki struktur daun yang menjuntai tentu akan terlihat manis jika digantung di sudut kamar mandi dekat dengan ventilasi.

5. Anggrek

Untuk memberi sentuhan personal pada kamar mandi, tanaman hias seperti Anggrek bisa Anda pilih sebagai opsi. Meskipun anggrek tumbuh sehat di kondisi tanah yang lembap, pencahayaan natural juga menadi kunci penting untuk keberlangsungan hidupnya. Pastikan Anda meletakkan tanaman tersebut dekat jendela. 

6. Aglaonema

Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi
Sympa-sympa

Memiliki julukan sebagai “ratu tanaman hias” menjadikan Aglaonema mudah untuk disematkan di segala area di dalam rumah, termasuk kamar mandi. Untuk perawatan, Anda hanya butuh memastikan kadar air cukup umtuk membuat tanah lembap dan gembur, sehingga tidak perlu rutin untuk disiram

Baca juga : Sehat dan Segar, Inilah 15 Jenis Tanaman Hias Gantung

7. Sirih Gading

Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi
Plant Decor

Jenis tanaman merambat ini sangat mudah untuk hidup di medium apapun, baik tanah ataupun air. Sifatnya yang mudah untuk beradaptasi menjadikan Sirih Gading cocok untuk berada di kamar mandi. Asupan air yang tersedia dan tingkat kelembapan yang tinggi, tentunya akan membuat tanaman ini lebih sehat.

Foto teaser: Millionfeed

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here