Keberadaan tanaman hijau di dalam ruangan tak hanya membuat suasana lebih teduh dan indah, tapi juga mampu menciptakan kualitas udara di dalam ruangan menjadi lebih baik.

Agar fungsinya selalu optimal, beberapa perawatan simple berikut perlu diterapkan agar kawanan hijau ini selalu terlihat memesona. Berikut tips dan cara merawat tanaman hias agar selalu segar:

Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Segar
Wadah Unik untuk Siri Gading Lemon

1. Memetik atau memotong

Agar tampilannya selalu indah dilihat mata, bagian-bagian tanaman yang sudah layu, berubah warna, atau kering harus disingkirkan. Memetik atau memotong adalah cara paling mudah untuk memangkasnya.

Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Segar
Memeting dan Memotong Siri Gading

Selain itu, pemangkasan juga berguna agar bagian tanaman yang masih dalam keadaan baik tidak tertular bagian yang sakit.

2. Menyiram sesuai takarannya

Beda jenis beda pula cara menyiram tanaman. Namun secara umum, tanaman yang sering ditempatkan di dalam ruangan jangan terlalu sering diberi air karena dapat menyebabkan kebusukan pada akarnya. Cukup berikan kelembapan hingga air keluar dari lubang drainase pot.

Baca juga : Manfaat Tanaman Kaktus Hias dan Cara Merawatnya

Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Segar
Menyiram Tanaman Monstera Deliciosa

Untuk tanaman kokedama yang sedang tren, lakukan penyiraman dengan menggunakan alat yang memiliki nozzle cukup panjang agar air fokus keluar dari satu lubang. Air harus terus dialirkan hingga terlihat meresap ke permukaan bola.

Baca juga: Manfaat Tanaman Hias Lidah Mertua dan Cara Merawatnya

3. Menyeka daun

Daun yang cantik dan bentuknya yang unik seringkali menjadi daya tarik utama tanaman hias. Keindahan daun juga sering menjadi andalan pesona sebuah tanaman.

Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Segar
Menyeka Daun Philodendron Marble

Tidak hanya untuk membuatnya selalu tampil cantik dan mengilap, menyeka daun juga bertujuan membersihkan debu-debu yang menempel di permukaannya. Tanaman yang sehat juga perlu tampil menawan, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here